News

Sylvia Carissa dan Sally Menjuarai Perlombaan Mille Family Club & STBA-PIA Mandarin Competition 2016

Medan – Sebanyak 60 orang peserta mengikuti perlombaan “Mille Family Club & STBA-PIA Mandarin Competition” di Merica Food Court Lantai 5, Millennium ICT Center Medan pada Minggu, 23 Oktober 2016. Perlombaan yang diselenggarakan oleh Mille Family Club – STBA-PIA dibawah peninjauan perwakilan Konsul Jenderal RRT di Medan dan turut didukung oleh berbagai lembaga kemasyarakatan atau pun institusi, seperti Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU), Lembaga Pengembangan Pendidikan Bahasa Tionghoa Sumatera Utara Indonesia, Harian Haobao Daily, Harian Xunbao Daily, Aplaus Magazine, Growth Steel Group, Ganesha Operation, Merica Food Center, dan Cordella Hotel.

Perlombaan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu pidato dan baca berita dalam bahasa Mandarin. Untuk menjaga keadilan dalam perlombaan ini, maka panitia perlombaan mengundang juri yang berasal dari kalangan pendukung perlombaan, Husien Halim (Plt. Editor Haobao Daily), Wang Xi (Kepala Editor XunBao Daily), Sukawati Ngaserin (Ketua Bidang Seni dan Budaya MITSU), Liu Jianing (Dosen Lulusan China Heilongjiang University jurusan Master of Teaching for Speaker of Other Language), dan Tjoe Soei Lai (Penanggung Jawab Lembaga Pengembangan Pendidikan Bahasa Tionghoa Sumatera Utara).

Pada kategori perlombaan baca berita, diikuti oleh siswa SMA yang berasal dari Sutomo 1, Methodist-2, Methodist-3, W.R. Supratman 1, Wiyata Dharma, Budi Utomo, Prime One School, Sampoerna Academy Medan, Dharma Bakti Lubuk Pakam, Anugrah Harapan Bangsa, Zhongwen Shijie Yuwen Zhongxin, dan Meihua Zhongwen Buxiban dengan total peserta berjumlah 40 orang. Sylvia Carissa (Methodist-2, XI-IPA 5) memperoleh Juara 1, diikuti oleh Vivi (Methodist-3, XII-IPS 1) memperoleh Juara 2, Varence Lie (Sampoerna Academy Medan, SMA 3) memperoleh Juara 3, dan Vivilya (Sutomo 1, XII MIA-01) memperoleh Juara kategori “The Most Favourite Award”.

Sedangkan pada kategori perlombaan pidato diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari UPH Medan, Perguruan Tinggi Cendana, PMCI, STBA-PIA, dan Meihua Zhongwen Buxiban. Pada kategori ini, perbedaan nilai antar peserta sangatlah tipis, dan pada akhirnya Juara I-III diperoleh oleh mahasiswa STBA-PIA, Sally (Sem 7) memperoleh Juara 1, Jennifer Yulian (Sem 7) memperoleh Juara 2, Lidya Permata Ayu (Sem 3) memperoleh Juara 3, dan Hendra Halim (Sem 3) memperoleh Juara kategori “The Most Favourite Award”.

Berlin Sibarani (Ketua STBA-PIA) menuturkan bahwa pada perlombaan ini pemenang bukanlah menjadi suatu poin terpenting, yang penting adalah kita harus lebih giat dalam mempelajari dan mempraktekan bahasa Mandarin yang dapat mengasah keterampilan berbahasa Mandarin secara lisan dan tulisan. Peningkatan keterampilan tersebut sangatlah penting dalam era globalisasi, hal ini terbukti dari semakin banyaknya investor dari China, perusahaan multinasional maupun aparat pemerintah di Indonesia yang membutuhkan Sumber Daya Manusia yang mampu berbahasa Mandarin secara pasif dan aktif.


 

This slideshow requires JavaScript.