News

Mahasiswa STBA-PIA Mewakili Indonesia Mengikuti “The 14th Chinese Bridge – International Chinese Proficiency Competition for Foreign Student” di Beijing, Tiongkok

Kopertis–I Sumut Melepas Keberangkatan Mahasiswa STBA-PIA Selaku Juara Nasional Mewakili Indonesia Mengikuti “The 14th Chinese Bridge – International Chinese Proficiency Competition for Foreign Student” di Beijing, Tiongkok.

Berkat dukungan dari semua pihak menjadikan motivasi tersendiri bagi Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia (STBA-PIA) untuk terus berkarya sehingga para mahasiswa setiap tahunnya telah mengukir prestasi di Tingkat Nasional maupun Internasional didalam perlombaan menguasai ilmu pengetahuan seni budaya Mandarin, berpidato berbahasa Mandarin dan penampilan pertunjukan bernuasa Mandarin bertajuk “Chinese Bridge – International Chinese Proficiency Competition for Foreign Student”.

Prestasi STBA-PIA tahun ini ditorehkan melalui Pranata Sulyus Addin, Mahasiswa Semester-VI Prodi Sastra Mandarin yang berhasil meraih Juara Nasional di Jakarta pada perlombaan “The 14th Chinese Bridge – International Chinese Proficiency Competition for Foreign Student” sehingga menjadikan tradisi prestasi bagi STBA-PIA dalam mempertahankan Juara Nasional dari sejak awal mengikuti perlombaan pada tahun 2009/The 8th melalui Cynthia Hualangi, 2010/The 9th melalui Evi Cendrawan, 2011/The 10th melalui Vonny, 2012/The 11th melalui Winson dan Alwiyah, 2013/The 12th melalui Grace Audrey, dan 2014/The 13th melalui Veranica.

Atas keberhasilan Pranata Sulyus Addin memberikan kebanggaan tersendiri bukan hanya buat STBA-PIA namun Sumatera Utara dan Indonesia, karena mahasiswa STBA-PIA berdarah Jawa yang lahir di Medan pada tanggal 01 Januari 1995 merupakan anak dari Ahmad Yusuf dan Sularisah ini setelah lulus dari Madrasah Alwiyah Negeri (MAN)-2 dengan keyakinan kuat dan kerja keras untuk bisa belajar berbahasa Mandarin hingga akhir meraih prestasi secara nasional bahkan berhak mewakili Indonesia mengikuti “The 14th Chinese Bridge – International Chinese Proficiency Competition for Foreign Student” di Beijing, Tiongkok.

Sebagai apresiasi dunia pendidikan, keberangkatan mahasiswa STBA-PIA mewakili Indonesia (30/6) bertempat di Gedung MITSU-PSP Kampus Hijau STBA-PIA dilepas oleh Kopertis Wilayah–I Sumut – Aceh dalam hal ini diwakili Kabid. Kelembagaan dan Sistem Informasi, M. Rajali, S.H. didampingi Ardjan Leo, Teh Kia Tjoh, selaku Pengurus Yayasan Pendidikan Nasional Sumatera Utara (YPNSU), Monalisa Siahaan, S.H. selaku Plt. BPH, Prof. Dr. Berlin Sibarani., M.Pd, Yenny Marlim, M.Pd. selaku Pengurus Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia (STBA-PIA).

Dalam waktu bersamaan, STBA-PIA juga mendapat kabar membanggakan atas prestasi yang ditorehkan Alwiyah Rahmatika meraih gelar Master/lulus Program S2 di South China Normal University, Guangzhou, RRT dengan hasil Cumlaude “Terbaik” yang telah diwisuda (30/6) dengan tesis berkaitan dengan kebudayaan Sumatera Utara khususnya “Batak”. Gadis berdarah Jawa anak pertama dari tiga bersaudara semuanya perempuan dari pasangan Iriyadi dan Trimah, lahir di Medan pada tanggal 03 Agustus 1991 silam merupakan mahasiswa STBA-PIA jurusan Sastra Tionghoa yang telah menyandang gelar Sarjana Sastra (S.S.). Dengan tekad dan keyakinan serta kemauan yang keras untuk bisa menguasai Bahasa Mandarin membuatnya mampu menyelesaikan proses perkuliahan hingga saat ini, bahkan telah meraih berbagai prestasi yang gemilang sebagai Non Etnis Tionghoa pertama menjadi Juara Nasional dan The Best Performance Internasional di Changsa, Tiongkok pada The 11th Chinese Bridge – International Chinese Proficiency Competition for Foreign Student.

Sumber: MITSU-PSP

This slideshow requires JavaScript.