News

Mahasiswa STBA-PIA Kembali Berjaya pada The 15th Chinese Bridge International se-Indonesia di Jakarta


Chinese Bridge merupakan lomba bertaraf Internasional dalam bidang kemampuan berpidato dalam bahasa Mandarin dan pengetahuan tentang budaya Tiongkok. STBA-PIA sudah mengikuti lomba ini sejak tahun 2009 dan sejak itu pula STBA-PIA sudah memiliki 9 orang juara I tingkat nasional dalam kategori Etnis Thionghoa dan Non-Etnis Thionghoa.

Rangkaian lomba yang harus dilalui oleh setiap peserta lomba adalah:

  1. Ujian Tertulis tentang pengetahuan dan budaya RRT,
  2. Pidato Bahasa Mandarin dengan durasi waktu kurang lebih 90 detik,
  3. Ujian lisan dalam bentuk Tanya Jawab,
  4. Penampilan Seni Budaya RRT dengan durasi waktu kurang lebih 90 detik.

Untuk melepas tim STBA-PIA mengikuti seleksi tingkat nasional Chinese Bridge – International Chinese Proficiency Competition For Foreign Student yang diadakan di Jakarta, maka pada tanggal 12 Mei 2016 diadakan Acara Pelepasan Kontingen di Aula STBA-PIA. Pada kesempatan yang berbahagia ini, Bpk. Agus Sujana sebagai salah satu pengurus Yayasan Pendidkan Nasional Sumatera Utara (YPNSU) memberikan arahan untuk menunjukkan dukungannya terhadap tim STBA-PIA yang akan berangkat ke Jakarta ini. Pengarahan juga diberikan oleh Ketua STBA-PIA, Prof. Berlin Sibarani, M.Pd. dalam kata sambutannya, sekaligus menekankan bahwa prestasi gemilang yang telah dicapai STBA-PIA hingga saat ini adalah bagian dari usaha pembinaan mahasiswa-mahasiswi STBA-PIA yang berkesinambungan.

Chinese Bridge Nasional 2016
Mahasiswa STBA-PIA Kembali Berjaya pada The 15th Chinese Bridge International se-Indonesia di Jakarta

The 15th Chinese Bridge – International Chinese Proficiency Competition For Foreign Student” Untuk Seleksi Tingkat Nasional Di Jakarta

Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia (STBA-PIA) kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Tahun 2016 ini, STBA-PIA mengirim mahasiswa-mahasiswi terbaiknya yang dipimpin oleh Pembantu Ketua III Yenny Marlim, BBA, SS, MPd. dan didampingi Kasub. Kemahasiswaan Joan Wijaya, S.S., dalam ajang “The 15th Chinese Bridge International – Chinese Proficiency Competition For Foreign Student” untuk seleksi tingkat nasional.

Kompetisi yang diadakan di Hotel De Rivier Jakarta tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari, yaitu mulai dari tanggal 14 – 15 Mei 2016. Kompetisi yang diikuti oleh 33 (tiga puluh tiga) peserta yang berasal dari berbagai propinsi di Indonesia itu berlangsung meriah dan ketat. Masing-masing peserta mencoba mengeluarkan kemampuannya yang terbaik. Mahasiswa-mahasiswi STBA-PIA yang berlomba mendapat pacuan motivasi dan arahan teknis dari kedua orang dosen yang turut mendampingi, yaitu Zhu Xingyan, MA. Dan Cynthia Hualangi, S.Kom., MTCSOL.

Tanpa memutus tradisi selalu juara pada Chinese Bridge tingkat Nasional, tim STBA-PIA kembali, untuk ke 9 kalinya, menggondol trophy Juara I Tingkat Nasional 2016 melalui Kristin Agustina (Mahasiswi Semester 4 Prodi Mandarin) untuk kategori Etnis Thionghoa dan  Juara I Tingkat Nasional Non-Etnis Thionghoa melalui Vivien Christine Maspaitella (Mahasiswi Semester 4 Prodi Mandarin). Belum cukup sampai distu, 2 (dua) mahasiswa STBA-PIA lainnya juga mampu merebut gelar sebagai Juara II Tingkat Nasional 2016, yaitu Jessica (Mahasiswi Semester 6 Prodi Mandarin) dan Stevanus Dewangga (Mahasiswa Semester 4 Prodi Mandarin). Seakan turut melengkapi prestasi yang telah ditorehkan oleh rekan-rekannya, Shierly (Mahasiswi Semester 4 Prodi Mandarin) berhasil merebut Juara dengan kategori Penampilan Terbaik dalam ajang tahunan ini. Pengakuan terhadap kualitas Dosen STBA-PIA semakin nyata dengan pemberian gelar Dosen Pembimbing Terbaik kepada kedua Dosen STBA-PIA yang turut mendampingi.

Pretasi membanggakan yang telah ditorehkan oleh mahasiswa-mahasiswi terbaik STBA-PIA ini, sekaligus akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang internasional “The 15th Chinese Bridge International – Chinese Proficiency Competition For Foreign Student” yang akang berlangsung di Beijing, Tiongkok pada bulan Juli tahun ini.